Senin, 11 Juli 2011

Apa Sih Maksudnya Rooting Android itu...????

Rooting Android itu tujuannya cuma untuk memunculkan account Super User yang fungsinya adalah untuk membuka seluruh akses didalam system android di HP kita, sehingga kita bisa melakukan modifikasi pada system atau kernel misalnya menginstall aplikasi di memory exsternal. Jika di windows rooting tersebut sama dengan merubah user dari Guest menjadi Account Administrator.

Namun kalau sudah di root, kita belum bisa langsung menginstall aplikasi ke dalam memori external, root cuma take over user, sehingga memungkinkan untuk menginstall aplikasi ke memori external. Agar kita ingin menginstall aplikasi di memory external kita harus melakukan mempartisi SD Card dengan file system android sehingga membuat OS menganggap bahwa partisi SD Card tersebut sebagai internal memori.
 
kalau yg partial atau hp android yang di root sebagian (biasanya bawaan dari vendornya), kita bisa mengaksesnya langsung dari menu>>setting>>applications>>manage applications, kemudian kita pilih aplikasi-aplikasi yang ingin kita pindahkan, kemudian pilih tombol “Move to SD Card“.

Karena tidak semua aplikasi bisa berjalan kalau di pindahkan ke SDcard, sebaiknya demi keamanan kita bisa menggunakan apps sdmove karena dengan apps sd move akan diberitahukan aplikasi-aplikasi yang aman jika di pindahkan dan mana yang tidak bisa dipindah ke SD Card.
Kalau ingin semua aplikasi secara default masuk ke SD Card, kita harus melakukan rooting terlebih dahulu kalau ingin menggunakan app2sd,
Untuk mengaktifkan default install aplikasinya di SD Card kita download program terminal emulator di market. Kemudian jalankan terminal emulator tersebut, kemudian ketik “pm setinstallLocation 2” (pmsetinstallLocation2) setelah command ini berarti selesai, maka mulai sekarang hp kita secara default akan menginstall ke SD Card secara otomatis. Sedangkan untuk mengembalikan ke keadaan semula commandnya adalah “pm setinstallLocation 0” (pmsetinstallLocationnol). Untuk berjaga-jaga bila terjadi hal-hal yang tidak dinginkan sebaiknya pelajari cara flashing dan restore menggunakan Samsung Kies.
Demikian semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon