Minggu, 31 Agustus 2014

OBJECT ORIENTED PROGRAMMING

java_oop


  1. Pengertian OOP

    OOP (object-oriented programming atau pemrograman berorientasi objek) adalah metode pemrograman dimana kode-kode program dibuat dalam bentuk object-object atau kelas-kelas sehingga mempermudah dan mempercepat developer atau pengembang dalam membuat aplikasi. Jika dibandingkan dengan pemrograman prosedural pemrograman yang berorientasi pada object lebih flexsible karena pada pemrograman prosedural pengembang harus memperhatikan urutan-urutan dan cara penulisan program. Sedangkan pemrograman yang berorintasi pada obeject semua atribut, prosedur dan fungsi dibungkus dalam objek. Interaksi tiap data, prosedur dan fungsi dilakukan melalui objek. Pembrograman prosedural biasanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang berskala kecil sedangkan pemrograman berorientasi pada object digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang besar dan rumit.


  2. Keuntungan OOP

    1. Maintanability

      Mudah di kelola karena kita dengan mudah menemukan sumber kesalah untuk kemudian diperbaiki. Misalnya  yang rusak adalah penglihatan, tentu yang diperbaiki adalah mata bukan object yang lain (di analofikan dengan tubuh manusia,dimana disetiap bagian tubuh adalah object). Hal ini karena setiap object memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda degan object lainnya.

    2. Extensibility

      Kemamouan untuk dapat diperluas. Setiap object dapat ditammbah kemampuannya (tentu kode-kode  didalamnya) tampa menggangu object yang lainnya.

    3. Reusability

      Kemampuan untuk dapat digunakan kembali. Setiap object dapat dipakai  dalam project yang lain jika diperlukan tanpa perlu penyesuaian yang berarti.

  3. Karakteristik OOP

    • Encapsulation (pembungkusan): Encapsulation adalah mekanisme pemrograman yang membungkus kode dan data yang dimanipulasi dan menjaganya supaya terhindar dari interferensi dan penggunaan yang tidak perlu. Salah satu caranya dengan membentuk objek.

    • Inheritance (pewarisan) : Suatu class dapat mewariskan atribut dan method kepada class lain (subclass) serta membentuk kelas hierarchy 

    • Polymorphism (polimorfisme –perbedaan bentuk) : Suatu obect dapat memiliki berbagai bentuk, sebagai object dari classnya sendiri atau object dari superclassnya. Ada dua Polymorphism yaitu Overloading dan Overriding.
      • Overloading adalah penggunan satu nama untuk beberapa method yang berbeda (beda parameter).
      • Overriding terjadi ketika deklarasi method subclass dengan nama parameter yang sama dengan method dari superclassnya .
     
  4. Contoh bahasa pemrograman yang mendukung OOP
    Java adalah salah satu bahasa pemrograman yang mendukung Object Oriented Programmming selain itu ada bahasa lain yang juga mendukung OOP yaitu C++, Visual Basic.NET, Ruby, Python, PHP, C#, Delphi dll.

  5.  Istilah - istilah dalam Pemrograman Java
    • Class

    • Class adalah kumpulan data yang berisi fungsi-fungsi atau method
      Contoh  Class MdlGlobal:
      class MdlGlobal{

          public int menuUtama()
          {
             ........
          }

           static boolean handleUserInput(){
              
              .......
          }

          static void LuasSegitiga()
          {
              ........
          }
      }


    • Method :

    • Method adalah implementasi dari bagaimana bekerjanya suatu class
      Contoh Pemanggilan Method
      public class Hitung{
          // Method Lus Lingkaran
          public static double luas_lingkaran(int jari){

          //  double luas   contoh atribut
              double luas=3.14*jari*jari;

              return luas;

          }

          public static void main(String[]args){

              int jari_jari=10;

              double hasil_luas

          //  Contoh Pemanggilan Method
              hasil_luas=luas_lingkaran(jari_jari);

              System.out.println("LUAS LINGKARAN="+hasil_luas);

          }
      }


    • Atribut :

    • Atribut adalah berbagai variable yang mengitari class dengan nilai datanya bisa ditentukan di object.
      Contoh Atribut:
      Double luasSegitiga

      String namaSiswa

      String alamatSiswa

    •  Object :

    • Object adalah Instance representasi nyata dari class
      Contoh membuat Object:
      Misalnya ada Class MdlGlobal

      class MdlGlobal{
        public int menuUtama()
        {
           ........
        }

         static boolean handleUserInput(){
           
            .......
        }

        static void LuasSegitiga()
        {
            ........
        }
    }

      Class Main

    public class main{
       public static void main(String args[]){

            // Membuat Object baru dari Class MdlGlobal

            MdlGlobal mn=new MdlGlobal();
            mn.menuUtama();
          
      }
    }

  6. Contoh Program Java
  • Class Main.java

  • import java.io.*; public class main{ public static void main(String args[]){ MdlGlobal mn=new MdlGlobal(); mn.menuUtama(); return; } }
  • Class MdlGlobal.java

  • class MdlGlobal{

        public int menuUtama()
        {
           boolean tr=true;
            while (tr){
                    //Pemanggilan method handleUserInput atau method untuk MAIN MENU
                tr=handleUserInput();
            }
            return 0;
        }

         static boolean handleUserInput(){
              int swValue;
              System.out.println("");
              System.out.println("");
              System.out.println("==================================");
              System.out.println("|           MAIN MENU            |");
              System.out.println("==================================");
              System.out.println("|                                 |");
              System.out.println("|    1. Menghitung Luas Persegi   |");
              System.out.println("|    2. Menghitung Luas Segitiga  |");
              System.out.println("|                                 |");
              System.out.println("|    0. Keluar                    |");
              System.out.println("|                                 |");
              System.out.println("===================================");
              swValue = KeyIn.inInt(" Select option: ");

              // Switch construct
              switch (swValue) {
                  case 1:
                      LuasPersegi();
                      break;
                  case 2:
                        LuasSegitiga();
                      break;
                  case 0:
                      System.out.println("Keluar dari program!");
                      return false;
                  default:
                      System.out.println("Angka yang di input salah!");
                      break;
              }

              return true;
        }

        static void LuasSegitiga()
        {

            int A=0;
            int T=0;
            boolean SG=true;
            int ilop=0;
            while (SG)
            {
                System.out.println("");
                System.out.println("");
                System.out.println("==================================");
                System.out.println("|    HITUNG LUAS SEGITIGA (CM)    |");
                System.out.println("==================================");
                A = KeyIn.inInt(" Masukkan Alas Segitiga: ");
                T = KeyIn.inInt(" Masukkan Tinggi Segitiga : ");

                hitung luasSGA=new hitung();
                System.out.println("");
                                                        //Pemanggilan method
                System.out.println("Luas Segitiga = "+luasSGA.LuasSegitiga(A,T)+ " CM KUADRAT");
                System.out.println("=============================================");
                System.out.println("");
                ilop=1;
                while (ilop>0)
                {
                    ilop=KeyIn.inInt(" Ulangi lagi..? (0:Tidak / 1:Iya) : ");
                    if (ilop==1){
                        SG=true;
                        ilop=0;
                    }else if (ilop<=0){
                        SG=false;
                        ilop=0;
                    }else{
                        System.out.println("Angka yang di input salah!");
                        ilop=1;
                    }
                }
            }
        }


            static void LuasPersegi()
            {

                int P=0;
                int L=0;
                boolean SG=true;
                int ilop=0;
                while (SG)
                {
                    System.out.println("");
                    System.out.println("");
                    System.out.println("==================================");
                    System.out.println("|HITUNG LUAS PERSEGI PANJANG  (CM)|");
                    System.out.println("==================================");
                    P = KeyIn.inInt(" Masukkan Panjang : ");
                    L = KeyIn.inInt(" Masukkan Lebar  : ");

                    hitung luasSGA=new hitung();
                    System.out.println("");
                    System.out.println("Luas Persegi Panjang = "+luasSGA.LuasPersegi(P,L)+ " CM KUADRAT");
                    System.out.println("=============================================");
                    System.out.println("");
                    ilop=1;
                    while (ilop>0)
                    {
                        ilop=KeyIn.inInt(" Ulangi lagi..? (0:Tidak / 1:Iya) : ");
                        if (ilop==1){
                            SG=true;
                            ilop=0;
                        }else if (ilop<=0){
                            SG=false;
                            ilop=0;
                        }else{
                            System.out.println("Angka yang di input salah!");
                            ilop=1;
                        }
                    }
                }
        }
    }
  • Class KeyIn.java


  • class KeyIn {
        public static void printPrompt(String prompt) {
            System.out.print(prompt + " ");
            System.out.flush();
        }

        public static void inputFlush() {
            int dummy;
            int bAvail;

            try {
                while ((System.in.available()) != 0)
                    dummy = System.in.read();
            } catch (java.io.IOException e) {
                System.out.println("Input error");
            }
        }

        public static String inString(String prompt) {
            inputFlush();
            printPrompt(prompt);
            return inString();
        }

        public static String inString() {
            int aChar;
            String s = "";
            boolean finished = false;

            while (!finished) {
                try {
                    aChar = System.in.read();
                    if (aChar < 0 || (char) aChar == '\n')
                        finished = true;
                    else if ((char) aChar != '\r')
                        s = s + (char) aChar; // Enter into string
                }

                catch (java.io.IOException e) {
                    System.out.println("Input error");
                    finished = true;
                }
            }
            return s;
        }

        public static int inInt(String prompt) {
            while (true) {
                inputFlush();
                printPrompt(prompt);
                try {
                    return Integer.valueOf(inString().trim()).intValue();
                }

                catch (NumberFormatException e) {
                    System.out.println("Invalid input. Not an integer");
                }
            }
        }

        public static char inChar(String prompt) {
            int aChar = 0;

            inputFlush();
            printPrompt(prompt);

            try {
                aChar = System.in.read();
            }

            catch (java.io.IOException e) {
                System.out.println("Input error");
            }
            inputFlush();
            return (char) aChar;
        }

        public static double inDouble(String prompt) {
            while (true) {
                inputFlush();
                printPrompt(prompt);
                try {
                    return Double.valueOf(inString().trim()).doubleValue();
                }

                catch (NumberFormatException e) {
                    System.out
                            .println("Invalid input. Not a floating point number");
                }
            }
        }
    }

  • Class Hitung.java

  • public class hitung{

        //declarasi variable
        int mulaihitung=0;

        public int LuasPersegiPanjang(int intPanjang, int intLebar){ ////method
               mulaihitung= intPanjang * intLebar;
            return mulaihitung;
        }

        public int LuasSegitiga(int intA, int intT){ //method
                   mulaihitung= (intA * intT)/2;
                return mulaihitung;
        }

        public int LuasPersegi(int intA, int intT){
                       mulaihitung= (intA * intT);
                    return mulaihitung;
        }
    }
  • Tampilan Program

  • java_oop

Download Source

Kamis, 21 Agustus 2014

ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik

Smartphone bukan lagi sekadar alat untuk melakukan panggilan telepon atau berkirim pesan. Asus Zenfone smartphone android terbaik untuk saat ini. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, Ia juga dapat berfungsi sebagai kamera, perangkat untuk menjelajah internet, sistem navigasi, pusat hiburan, sampai ke penyimpan catatan, jadwal sampai agenda kerja. Di sisi lain, berhubung smartphone juga mendukung gaya hidup, ia juga memiliki desain yang cantik, elegan, dan hadir dengan pilihan warna yang beraneka yang menggambarkan identitas pemiliknya.
ZenFone – Smartphone Luar Biasa untuk Semua Orang
ZenFone memiliki desain yang indah, material berkualitas tinggi, fungsionalitas ASUS ZenUI yang lengkap untuk menghadirkan kemewahan bagi pengguna. Hadir dalam pilihan layar berukuran 4 sampai 6 inci dan berbagai pilihan warna, pasti ada satu tipe ZenFone yang cocok digunakan oleh setiap orang, apapun kebutuhan dan gaya hidup mereka. Sebagai gambaran, ZenFone telah dilengkapi lapisan Corning® Gorilla® Glass 3 untuk kehandalan dan daya tahan lebih baik terhadap goresan.
ZenFone 4, smartphone dengan layar 4 inci ini sangat mudah untuk dipersonalisasikan karena cover belakangnya dapat ditukar dengan pilihan warna Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Sky Blue dan Solar Yellow. Zenfone 4 mendukung MicroSD card hingga 64GB sehingga menyediakan tempat yang melimpah untuk menyimpan foto, video, aplikasi, dan lain-lain. ASUS ZenFone 4 dipasarkan mulai Rp 1.099.000.
ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik
ZenFone 5, smartphone dengan layar 5 inci ini mendukung HD dan IPS+ di mana pengguna masih tetap dapat chatting meskipun sedang memakai sarung tangan. Desainnya sangat menarik, dengan ketebalan hanya 5,5 milimeter di titik tertipisnya. ZenFone 5 sendiri tersedia dalam pilihan warna Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, Champagne Gold, dan Twilight Purple colors. ASUS ZenFone 5 dipasarkan mulai Rp. 2.199.000.
ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik
ZenFone 6,smartphone dengan layar 6 inci ini dilengkapi layar HD IPS+ yang luar biasa serta teknologi audio SonicMaster untuk menghadirkan pengalaman hiburan yang tak tertandingi. Zenfone 6 memiliki kamera bertenaga 13 mega piksel yang siap untuk mengambil gambar jelas dengan resolusi tinggi. ZenFone 6 tersedia dalam pilihan warna Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red, dan Champagne Gold colors. ASUS ZenFone 5 dipasarkan mulai Rp. 3.099.000.
ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenUI – Indah, Lancar dan Intuitif
ZenFone merupakan salah satu perangkat pertama ASUS yang dilengkapi dengan ZenUI, antarmuka baru khusus untuk pengguna mobile yang dikembangkan sesuai dengan konsep freedom, expression, dan connection. Dengan desain visual baru yang dibuat agar lebih efisien, dengan icon modern, tema-tema warna, animasi yang indah, ringtone dan nada notifikasi baru, serta layout yang bersih untuk demi menayangkan informasi secara jelas bagi pengguna.
ASUS Zenfone Smartphone Android Terbaik
ASUS ZenUI juga dilengkapi dua fitur utama, yakni What’s Next dan Do It Later yang didesain khusus untuk mempermudah pengguna dalam pengaturan sejumlah besar informasi yang diterima setiap harinya, dan memungkinkan mereka melakukan berbagai hal dengan lebih produktif.
What’s Next menempatkan informasi terkini, paling penting dan berguna pada pengguna, seperti jadwal meeting yang akan datang, pesan dan panggilan tak terjawab dari kontak VIP, cuaca di tempat tujuan, dan lain-lain pada bagian depan dan tengah lock screen, home screen dan panel notifikasi.
Do It Later membebaskan pengguna agar ia bisa fokus ke tugas yang sedang ia kerjakan, tanpa akan melupakan hal-hal penting lainnya yang perlu ia lakukan setelahnya. Jika pengguna sedang menulis email dan menerima panggilan telepon, cukup dengan satu tombol maka ia akan secara otomatis membuat reminder untuk melakukan panggilan terhadap rekan yang menghubungi. Pengguna juga bisa menyimpan hal-hal yang menarik seperti artikel, video YouTube, atau laman situs apapun untuk dilihat di lain waktu. Setiap reminder dan hal-hal yang disimpan dikumpulkan dalam aplikasi Do It Later yang terpisah serta memiliki shortcut sendiri untuk melakukan aktivitas terkait, seperti melakukan panggilan ataupun melihat situs web tadi.
PixelMaster – Foto Kelas Profesional di Setiap Waktu
Setiap ZenFone memiliki PixelMaster, sebuah teknologi kamera eksklusif ASUS yang terdiri dari berbagai fitur seperti Selfie Mode dan Depth of Field Mode yang meningkatkan performa kamera dan memudahkan pengguna untuk mengambil gambar-gambar dan video berkualitas tinggi. Dua fitur PixelMaster tambahan, yakni Low-light Mode dan Time Rewind juga hadir di ZenFone 5 dan ZenFone 6.
Low-light Mode secara signifikan meningkatkan performa kamera di kawasan yang berpencahayaan rendah. Dengan menggabungkan piksel-piksel yang tepat, kamera mampu meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 400% dan kontras hingga 200% yang pada akhirnya mampu menghadirkan gambar yang terang dan jelas tanpa membutuhkan flash. Electronic Image Stabilizer (EIS) juga mampu meningkatkan performa di suasana redup untuk lebih lanjut meningkatkan hasil foto. Low-light Mode ini juga dapat dimanfaatkan saat merekam video.
Fotografi terkadang menjadi hal yang menyulitkan karena adanya pergerakan, namun Time Rewind membuat pemotretan di momen yang paling pas menjadi mudah. Dengan pengambilan beberapa gambar sebelum dan setelah pengguna menekan tombol shutter, peluang untuk mendapatkan foto sempurna pada objek yang sulit jadi meningkat. Setelah mengambil foto, pengguna bisa “kembali ke masa lalu” dengan mudah untuk memilih hasil terbaik atau juga menyimpan seluruh gambar yang telah ditangkap kamera.
Selfie Mode merupakan cara baru yang inovatif untuk mengambil potret diri (selfie) berkualitas tinggi. Selfie Mode memungkinkan pengguna untuk mengambil foto selfie individu atau bersama dengan teman-teman menggunakan kamera utama beresolusi tinggi di belakang ponsel, bukan kamera beresolusi lebih rendah di bagian depan. Kamera dapat secara otomatis mendeteksi saat wajah-wajah yang akan difoto sudah terdeteksi dalam frame dan mulai menghitung mundur sebelum mengambil tiga foto. Setelah itu, pengguna bisa memilih foto paling bagus untuk disimpan atau dibagikan secara online.
Depth of Field Mode memungkinkan pengguna mengambil foto dengan lebih tajam. Objek di depan akan dibuat lebih tajam dan detail, sementara di belakang akan diberi sentuhan blur yang halus, atau foto yang biasa disebut oleh kalangan fotografer sebagai shallow depth of field, yang biasanya hanya bisa dilakukan menggunakan kamera kelas atas.
Dengan desain yang indah, performa yang terbaik di kelasnya, fitur yang lengkap, serta harga yang terjangkau, menjadikan ASUS ZenFone sebagai smartphone Android terbaik saat ini.







Rabu, 06 Agustus 2014

Windows 7 Build 7601 Not Genuine Ini Obatnya

Pic Windows 7 Not Original




Jika windows 7 anda mengalami masalah seperti diatas tidak usah khawatir. Pesan Windows 7 Build 7601 Not Genuine muncul karena windows 7 anda tidak original alias bajakan. Untuk menghilangkan pesan tersebut ikuti langkah berikut dijamin 100% works sudah saya buktikan sendiri :

  1. Jalankan Command Prompt ( run as Administrator)
  2. Ketik " slmgr.vbs / UPK " untuk menguninstall produk key sebelumnya dan kemudian ketik " slmgr.vbs / rearm " untuk menghilangkan activationnya
  3. Kemudian Restart windows anda
  4. Setelah Restart Jalankan Loader V 2.2.2 by DIAZ Kemudian Restart
  5. Selamat Pesan Windows 7 Build 7601 This copy of Windows is not genuine telah hilang.



Download Loader Disini