Minggu, 27 Mei 2012

Settingan Virtuemart Setelah di Upload Dari Localhost ke Hosting Server 2


Intinya ketika anda membuat website joomla yang menggunakan virtuemart dan menginstallnya di localhost. pasti settingan admin di virtuemart tersebut menggunakan settingan localhost atau http://127.0.0.1/namafolder. ketika di apload ke server hosting milik anda dan menggunakan nama domain anda, pasti dan sering terjadi error di admin virtuemartnya.  Nah, kali ini saya mo berbagi cara untuk mengatasi masalah tersebut.
Beberapa permasalahan yangmuncul pada website toko online Joomla yang menggunakan komponen VirtueMart adalah Bug yang terdapat pada konfigurasi VirtueMart admin yang tidak bisa secara otomatis melakukan perubahan pada sisi back end admin, hal ini dikarenakan oleh sistem konfigurasi VirtueMart membaca konfigurasi awal waktu kita melakukan editing di localhost server.
Perubahan sisi localhost sebelum upload ke server hosting
Sebenarnya hal ini bisa dihindari saat sebelum melakukan re-pack website kita kedalam arsip ZIP untuk di upload ke Hosting Server sesungguhnya, dengan cara melakukan perubahan pada sisi admin configuration Virtuemart yaitu:
1. masuk admin Joomla kemudian pilih menu Component dan pilih menu VirtueMart.
2. Klik Menu Bar ADMIN di halaman Back end Virtuemart anda, dan pilih Configuration —> Security.
3. Lihat field Site URL dan SECUREURL . Jika masih http://localhost/namatokoanda/ segera GANTI dengan domain site yang sudah anda miliki di hosting server baru tersebut, contoh:http://namadomain-anda.com/ begitu pula pada SECUREURL nya harus disamakan dengan domain yang anda tulis di Site URL. Catatan: anda bisa saja menggunakan https:// pada secureurl field selama Anda TELAH MEMILIKI CERTIFICATE SSL . Jika belum memiliki atau memang tidak mau membeli, jangan gunakan HTTPS karena akan menyebabkan website anda mengalami permasalahan pada beberapa halaman security seperti Login Page hingga halaman prosesi pembayaran.
4. Jika sudah di set sesuai parameter yang baru, simpan dan anda sudah boleh keluar dari admin joomla site anda.
5. Masuk windows explorer, dan blok semua folder joomla site anda kemudian arsipkan kedalam format ZIP, atau Tar.GZ atau GZIP. setelah itu baru Upload Ke hosting server anda.
6. Setelah berhasil melakukan upload dan melakukan extract pada file zip joomla anda di file manager control panel hosting anda, selanjutnya anda cukup melakukan perubahan pada configuration.php di root situs joomla anda.
7. Jika semua sudah terinstalasi dengan benar, periksa website anda dengan cara memanggil domain website anda yang baru di URL address bar browser anda, apakah sudah bisa berjalan atau tidak. termasuk explorasi ke kategori-kategori produk dan coba lakukan pembelian. Jika berjalan normal berarti setingan anda sudah benar, jika belum coba periksa kembali segala sesuatunya yang berhubungan seting PATH (jalur file) di hosting server anda.
=============================================================================
Perubahan Konfigurasi Pasca Website Publish secara ONLINE.
Jika ternyata dalam kondisi tertentu anda lupa melakukan konfigurasi sebelum di upload ke hosting server, dan ternyata website anda mengalami masalah berkenaan dengan kesalahan url yang masih melekat pada url localhost, maka anda TIDAK PERLU KHAWATIR dan PANIK. Ada cara untuk melakukan perubahan settingan yang dapat dilakukan didalam control panel hosting anda. Diantaranya sebagai berikut:
1. Jika ternyata website anda mengalami masalah pada saat menu produk atau kategori produk di klik hingga menyebabkan template menjadi blank dan tidak bisa masuk ke URL yang sebenarnya sesuai dengan Nama Domain anda yang baru. Coba MASUK ke CONTROL PANEL hosting anda.
Caranya: ketik http://nama-domain-anda.tld/cpanel . jangan lupa untuk mengisi username dan password control panel hosting anda.
2. Jika sudah masuk ke CPanel anda, cari menu FILE MANAGER dibagian group menu  FILES dan klik menu tersebut, untuk kemudian anda akan di bawa ke dalam halaman file manager.
3. Berikutnya, yg harus anda lakukan adalah, memilih directori PUBLIC_HTML dimana disitulah root joomla site anda berada. selanjutnya pilih direktori ADMINISTRATOR –> COMPONENTS –> COM_VIRTUEMART –> kemudian edit file yang bernama virtuemart.cfg.php . Untuk detil path nya adalah sebagai berikut: /public_html/administrator/components/com_virtuemart/virtuemart.cfg.php.
4. Jika anda sudah masuk pada halaman editor FIle Manager CPANEL. lakukan beberapa perubahan sebagai berikut ini :
Cari:

Code: [Select]
// these path and url definitions here are based on the Joomla! Configuration
define( 'URL', 'http://localhost/tokoanda/' );
define( 'SECUREURL', 'http://localhost/tokoanda/' );

Detil isinya:
Code: [Select]
if( !defined( '_VALID_MOS' ) && !defined( '_JEXEC' ) ) die( 'Direct Access to '.basename(__FILE__).' is not allowed.' );
/**
* The configuration file for VirtueMart
*
* @package VirtueMart
* @subpackage core
* @copyright Copyright (C) 2004-2008 soeren - All rights reserved.
* @license http://www.gnu.org/copyleft/gpl.html GNU/GPL, see LICENSE.php
* VirtueMart is free software. This version may have been modified pursuant
* to the GNU General Public License, and as distributed it includes or
* is derivative of works licensed under the GNU General Public License or
* other free or open source software licenses.
* See /administrator/components/com_virtuemart/COPYRIGHT.php for copyright notices and details.
*
* http://virtuemart.net
*/

global $mosConfig_absolute_path,$mosConfig_live_site;
if( !class_exists( 'jconfig' )) {
$global_lang = $GLOBALS['mosConfig_lang'];
@include( dirname( __FILE__ ).'/../../../configuration.php' );
$GLOBALS['mosConfig_lang'] = $mosConfig_lang = $global_lang;
}
// Check for trailing slash
if( $mosConfig_live_site[strlen( $mosConfig_live_site)-1] == '/' ) {
$app = '';
}
else {
$app = '/';
}
================ LIHAT DIBAWAH INI ==============================
// these path and url definitions here are based on the Joomla! Configuration
define( 'URL', 'http://localhost/tokoanda/' );
define( 'SECUREURL', 'http://localhost/tokoanda/' );
==============================================================
dan seterusnya (script tag berikut tidak disertakan)

Kemudian Ganti parameter url localhost tersebut dengan nama domain anda:
Code: [Select]
// these path and url definitions here are based on the Joomla! Configuration
define( 'URL', 'http://www.nama-domain-anda.tld/' );
define( 'SECUREURL', 'http://www.nama-domain-anda.tld/' );

dimana : www.nama-domain-anda.tld adalah domain anda yang baru (sesuaikan dengan nama domain anda sendiri, jangan menggunakan contoh ini, bisa bubar webnya  :p )
CATATAN PENTING: untuk penggunaan WWW jika hosting anda tidak support Rewrite engine (mod_rewrite) maka anda tidak bisa menambahkan begitu saja www. di url tersebut. Jika hosting anda support anda bisa menambahkannya pada .htaccess file anda di root joomla anda.
5. Setelah anda melakukan perubahan pada file tersebut di file manager cpanel anda, jangan lupa SIMPAN/SAVE file tersebut.
6. Buka browser baru, dan ketikkan url anda: domain-anda.tld . lakukan beberapa eksplorasi di sisi frontend untuk memastikan semua fungsi shopping cart anda berjalan sempurna.
7. Lakukan hal yang sama pada backend website joomla-virtuemart anda. Masuk ke Administrator, kemudian pilih Component Virtuemart, apakah masih diarahkan ke http://localhost/tokoanda ataukah sudah bisa masuk kedalam konfigurasi VirtueMart backend anda.
Jika kondisi yang kedua terjadi, berarti anda sudah sukses melakukan perubahan/perbaikan pada sisi konfigurasi Virtuemart anda. Selanjutnya lakukan perubahan pada penambahan kategori produk, dll hingga semuanya dirasa tidak bermasalah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon